Info Menarik tentang Kadal


Info Menarik Tentang Kadal 
Oleh :Kanaya Putri Maheswari

Image result for jenis kadal yang berkembang biak dengan cara ovipar
          


          Anda pasti sudah familiar dengan hewan yang satu ini, ya Kadal. Lacertilia adalah nama latin dari Kadal,Kadal biasanya hidup di tanah dengan nama ilmiahnya yaitu terestial,sementara itu yang lain ada yang hidup di dalam tanah gembur atau pasir (fossorial) dan ada pula di atas batang pohon.  

             Kadal adalah hewan karnivora dan mereka terbagi menjadi 2 jenis:kadal bertubuh kecil dan kadal bertubuh besar. Kadal bertubuh kecil memakan aneka serangga seperti nyamuk,lalat,ngengatdan kupu kupu,berbagai tempayak serangga,sampai hewan reptil lain yang ukurannya lebih kecil daripada tubuhnya.Sedangkan Kadal besar seperti Komodo memakan Mamalia yang lebih kecil seperti monyet, babi hutan dan ia juga memakan hewan-hewan seperti burung dan juga telurnya.

           Kebanyakan dari Kadal berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar sedangkan ada juga yang berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan. Dan merekia bernafas menggunakan paru paru. 


          Anda pasti penasaran dengan beberapa kadal yang unik menurut Knowledge area. Dan ini dia :


1.Obamadon Grasilis

Obamadon gracilis. blic.rs
source:Tempo.co

 Dilansir dari tempo.co hewan ini dinamakan demikian karena ingin menghormati mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama. nama ini berarti "gigi obama"

2. Varanus komodoensis(komodo)

Image result for komodo
 .Source:Mother Nature Network



Varanus komodoensis atau biasa dikenal dengan nama komodo adalah hewan sejenis kadal yang hanya tinggal di kepulauan flores,Indonesia.mereka adalah kadal pemakan bangkai hewan alias karnivora.Kadal yang satu ini adalah kadal terbesar di seluruh dunia dengan berat hingga 91 kg.

3. Anolis proboscis (kadal pinokio)


Image result for nama latin dari kadal pinokio
                                                                                    source:kabar6.com



Kadal unik ini disebut demikian Karena mereka mempunyai hidung yang anjang seperti tokoh di kisah pinokio. hewan ini tidak besar seperti komodo namun dengan hidungnya yang panjang inilah yang membuatnya unik.



















Komentar